Stok Golongan Darah O Kosong

DSC01582Golongan darah jenis O saat ini tak tersedia di Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Jepara. Hal tersebutlah yang mendorong anggota TNI bekerjasama dengan PMI untuk melakukan donor darah di beberapa titik keramaian. Donor darah tersebut dilakukan sejak Rabu (25/9) sampai sekitar pukul 12.00 kemarin.

Salah satu staf Tata Usaha Urusan Dalam (TUUD) Kodim Jepara, Candra YK mengatakan, yang diutamakan dalam donor darah kali ini yakni terkumpulnya golongan darah jenis O. namun tak menutup kemungkinan juga bagi masyarakat yang memiliki jenis golongan darah A dan B. ”Yang diutamanakan O, karena golongan darah A dan B sudah surplus,” katanya.

Lebih lanjut Candra mengungkapkan, pihaknya menargetkan 1300 darah akan terkumpul dari donor darah kali ini. Untuki mencapai target tersebut, acara donor darah dilaksanakan di beberapa tempat secara serentak. ”Donor darah ini dalam rangka HUT TNI yang ke 68 juga,” katanya  kemarin.

Pada Rabu (25/9), donor darah dilaksanakan di empat lokasi sekaligus. Yakni di Desa Donorojo Kecamatan Keling, Kampus UNISNU Jepara, dan Kecamatan Kalinyamatan pada pagi hari. Sedangkan pada malam hari, diadakan donor darah di aula kodim Jepara. Dan kemarin, donor darah dilaksanakan di Museum Kartini dan Kodim Jepara.

Saat disinggung masalah kesadaran masyarakat, Candra mengatakan, antusias masyarakat mendonorkan darah sudah cukup tinggi. Hal ini terbukti dengan banyaknya Instansi dan dinas terkait yang ikut serta donor darah tersebut. Selain itu, pelajar dan masyarakat umum lainnya juga tak kalah dalam berpartisipasi. ”Kesadaran masyarakat sudah ada,” tuturnya.

Dikatakan Candra, sampai Rabu malam sudah ada 455 kantong darah yang terkumpul.

Artikel Terkait Lainnya

Tinggalkan pesan

Your email address will not be published.