Tersandung Kasus Korupsi Ajukan Pensiun Dini

DSC01698Setelah  resmi ditahan oleh Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Tengah pada Rabu (25/9) lalu atas kasus dugaan korupsi pemeliharaan atau peningkatan jalan, mantan Kepala Dinas Bina Marga dan Energi Sumber Daya Mineral  Edy Sutoyo ,resmi mengajukan permohonan pensiun dini.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Jepara Abdul Syukur mengatakan ,
Menurutnya, pengajuan pensiun dini Edy Sutoyo bisa diterima karena sesuai sayarat dan ketentuan. Dimana usia maksimal pemohon telah mencapai 50 tahun, sementara pengabidan di atas 20 tahun.

Walaupun ditahan, lanjut Syukur, Edy Sutoyo masih menerima 50 persen gaji. Gaji ini merupakan hak Edy Sutoyo. Sebagaimana diamanatkan Peraturan Pemerintah Nomor 44 Tahun 1966 tentang Pemberhentian PNS, bahwa PNS yang diduga melanggar hukum dan ditahan maka diberhentikan sementara sampai proses inkracht.

Syukur juga mengaku selain ketiganya ada satu pegawai di dinas tersebut yang ditolak pengajuan pensisuan dini. Yaitu Son Anjar Kumara yang sebelumnya menjabat di Sub Bagian Umum dan Kepegawaian DMESDM. Pengajuan Son Anjar Kumara ditolak karena usia yang belum mencapai 50 tahun.

Ini berarti pegawai yang mengajukan pensiun di DMESDM dini bertambah. Sebelumnya dua pegawai di dinas itu pada Juli tahun ini telah mengajukan pengajuan pensiun dini. Alasannya sama yaitu terandung kasus korupsi.


Dua PNS tersebut adalah Suko Santoso sebelumnya menjabat sebagai Kabid Pengairan di DBMPESDM kemudian dan Abdur Rachim sebelumnya menjabat sebagai Kepala UPT Wilayah III Kecamatan Pecangaan dan Kedung.

 

Artikel Terkait Lainnya

Tinggalkan pesan

Your email address will not be published.