Umat Hindu Jepara menggelar upacara melasti di Pantai Bandengan

Umat Hindu  Jepara menggelar upacara melasti di Pantai Bandengan (28/3)Kemarin
Umat Hindu Jepara menggelar upacara melasti di Pantai Bandengan (28/3)Kemarin

Menjelang perayaan Hari Nyepi yang tahun ini jatuh pada tanggal (31/03/14), umat Hindu di Jepara menggelar upacara melasti, Jumat (28/3/2014).Pada upacara ini segala sarana persembahyangan yang ada di Pura (tempat suci) Manggala Darma yang ada di Desa Pelajan diarak ke pantai Bandengan Jepara.

Upaca di laksanakan pada pukul 12 siang, di pantai yang terkenal dengan pasir putihnya itu. Ratusan  pemeluk agama Hindu secara bergelombang mendatangi pantai untuk melakukan persembahyangan bersama .Umat Hindu, baik dewasa maupun anak-anak, mengenakan busana adat warna putih dilengkapi dengan udeng bagi pria dan selendang yang dililitkan di pinggang bagi pria dan wanita.

Mereka berdatangan ke Pantai Bandengan secara berkelompok dengan menumpang  kendaraan pribadi  serta sebagian lainnya mengendarai sepeda motor. Sesampainya di pintu masuk pantai Bandengan Umat Hindu berjalan bersama sampai tempat persembahayangan di tepi pantai Bandengan.

Ketua majelis Agama Hindu Darma Njepanten (PHDI), Ngardi sinda atmaja mengatakan, upacara melasti itu di ikuti sekitar 300 umat Hindu di Jepara.Pihaknya berharap agar Umat Hindu bisa menjalankan Saka Brata Sri 1936 dengan sukses damai dan aman,serta mendukung pemilu 2014 dengan sukses.

Artikel Terkait Lainnya

Tinggalkan pesan

Your email address will not be published.