Jadikan Ukir Jepara Juara Dunia

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo SH  Melihat hasil ukiran wanita Jepara
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo SH
Melihat hasil ukiran wanita Jepara

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo SH memimpikan Kabupaten Jepara memiliki pengrajin ukir nomor satu di dunia. Apalagi saat ini kayu dan produk kayu Indonesia memiliki daya saing tinggi di pasar internasional.

Menurutnya, untuk menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean/ Asean Economic Community (AEC) 2015, pengrajin ukir harus melengkapi keahliannya dengan sertifikasi. Sehingga kemampuan yang dimiliki tidak kalah dengan tenaga asing yang masuk ke Indonesia pasca diberlakukannya AEC.

Event lomba mengukir dan mengampelas yang diselenggarakan Pemerintah Kabupaten Jepara di Alun-alun Jepara pada Sabtu (12/4), dapat dijadikan pemicu para pengrajin untuk menghasilkan produk yang lebih kreatif dan inovatif. Baik dari desain, maupun kualitas ukirannya. Event semacam itu pun sebaiknya digelar setiap tahun.

“Event ini bisa dijadikan momentum mengembalikan kejayaan seni ukir Jepara, dan akhirnya memunculkan industrinya, ” katanya.

Baca juga:  Ramadan PMI Jepara Butuh Pendonor Darah

Sejalan dengan keinginan Gubernur, Bupati Jepara H Ahmad Marzuqi SE menyampaikan, pihaknya ingin mengembalikan kejayaan seni ukir Jepara seperti pada 1998 lalu. Karenanya, Pemerintah Kabupaten Jepara melakukan terobosan-terobosan untuk mencapai target tersebut. Salah satunya melalui lomba mengukir dan mengampelas di alun-alun Kabupaten Jepara. Selain itu pihaknya juga sudah mempunyai Pusat Ukir Jepara (Jepara Carving Center) dan menanamkan ornamen ukir di seluruh kantor Pemerintah Kabupaten Jepara. (Fry)

Artikel Terkait Lainnya

Tinggalkan pesan

Your email address will not be published.