Pelajar dan Mahasiswa sasaran empuk para pengedar Narkoba

Pakar kesehatan RSUD Jepara, dr Noorhayati saat menerangkan tentang bahaya Narkoba
Pakar kesehatan RSUD Jepara, dr Noorhayati saat menerangkan tentang bahaya Narkoba

Untuk membrantas pengedaran Narkoba tertutama di kalangan para pelajar Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Jawa Tengah terus gencar melakukan sosialisasi. Di antaranya di lakukan di ruang rapat dua lantai I Setda Jepara (26/05/14).Dalam acara tersebut di hadiri langsung Kabid pencegahan BNNP Jateng Susanto,Pakar kesehatan RSUD Jepara, dr Noorhayati dan sejumplah mahasiswa dari berbagai kampus di Jepara.


Kabid pencegahan BNNP Jateng Susanto mengatakan kalangan pelajar dan mahasiswa memang sasaran empuk para pengedar narkoba. Berbagai faktor baik internal maupun eksternal memungkinkan generasi muda ini terseret dalam praktek penggunaan barang haram tersebut.

“Di Jateng sendiri, tahun 2013 tercatat ada sekitar 500 ribu orang yang menjadi pemakai narkoba. Peringkat pertama yakni 70 % berasal dari kalangan pekerja. Peringkat kedua ditempati pelajar dan mahasiswa (22 %). Lalu disusul kalangan ibu rumah tangga dan masyarakat umum dengan 6 %. Setelah itu kalangan pekerja seks komersial dan anak-anak jalanan dengan 2 %.” Paparnya.

Baca juga:  Khawatir Radiasi, Warga Demangan Jepara Tolak Pendirian Tower Seluler

Susanto Menambahkan BNNP Jateng sendiri terus menggelar berbagai langkah untuk menekan peredaran narkoba. Tahun 2008, prevalensi (angka penyalahgunaan narkotika) di Jateng mencapai 2,21 % di bawa angka nasional. Sedang tahun 2013 mengalami penurunan hingga hanya 2,2 persen.

Susanto berharap capaian ini bisa terus ditingkatkan hingga sesuai dengan target yang telah dicanangkan yakni Indonesia bebas narkoba pada tahun 2015 dengan angka prevalensi 2,8 %. Butuh kerjasama sinergis berbagai pihak agar hasilnya maksimal. Selain penindakan untuk memberantas peredaran narkoba langkah pencegahan juga tetap harus diprioritaskan. Filosofinya mencegah lebih baik dari mengobati.

Baca juga:  Pengedar dan Pengguna Narkoba Dibekuk Polisi

Sementara itu, Pakar kesehatan RSUD Jepara, dr Noorhayati mengatakan efek buruk penggunaan narkoba pada otak manusia lebih parah dibanding serangan stroke. Sebab pelan tapi pasti narkoba membuat pemakainya kehilangan kontrol atas dirinya. Bahkan jika tahap kecanduannya sudah sangat parah.

Artikel Terkait Lainnya

Tinggalkan pesan

Your email address will not be published.