BPBD Jepara Gelar Pelatihan TRC

Contoh Evakuasi korban bencana di ketinggian antar tebing.
Contoh Evakuasi korban bencana di ketinggian antar tebing.

Untuk menciptakan rasa aman, nyaman, dan melindungi masyarakat terhadap ancaman bencana yang sewaktu-waktu melanda Kabupaten Jepara, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jepara membekali relawan dengan ilmu-ilmu kebencanaan dalam Program Pelatihan Tim Reaksi Cepat (TRC).

Bertempat di kampus Univeritas Diponegoro Fakultas Perikanan dan Kelautan di kawasan Pantai Kartini Jepara, sebanyak lima puluh relawan mengikuti pelatihan TRC tersebut.

Kasi Tanggap Darurat dan Logistik BPBD Kabupaten Jepara Pujo Prasetyo, Sabtu (14/6/) mengatakan, Kabupaten Jepara di Jawa Tengah menduduki peringkat enam sebagai daerah rawan bencana, oleh sebab itu kemampuan personil SAR dalam mengatasi bencana harus terus ditingkatkan.

Pujo menilai semua lapisan masyarakat harus siap dan tanggap darurat bencana, hal itu mengingat Jepara masuk daerah rawan bencana. “Relawan harus memiliki kemampuan dan ketrampilan SAR yang handal untuk tanggap darurat bencana ” ungkap Pujo.

Baca juga:  Laporan Keuangan Pemkab Jepara Peroleh Opini WTP

Dalam acara tersebut lima puluh peserta di bekali materi tanggap becana, seperti evakuasi korban bencana di ketinggian antar tebing dan evakuasi korban di air. Hal itu untuk membekali para relawan agar mempunyai ilmu yang mumpuni dan cakap saat melakukan evakuasi.

Tinggalkan pesan

Your email address will not be published.