Lima Parpol Tidak Patuh Administrasi

Ketua KPU Jepara Haydar Fitr
Ketua KPU Jepara Haydar Fitri

Ketua KPU Jepara Haydar Fitri (2/6) menyatakan hasil laporan dana kampanye dari Kantor Akuntan Publik ada lima parpol di Jepara tidak patuh administrasi.

Lima partai politik peserta pemilu 2014 yang tidak patuh administrasi keuangan adalah Partai Gerindra, Partai Persatuan Pembangunan,Partai Kebangkitan Bangsa, Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia dan Partai Bulan Bintang.

Di tanya parpol yang tidak patuh sama sekali pihaknya mengungkapkan Partai Bulan Bintang tidak patuh sama sekali, karena tidak mengirimkan laporan dana kampanye kepada KPU.

Terdapat 11 kriteria yang di tetapkan oleh KAP untuk menetukan patuh atau tidaknya partai politik dalam pemenuhan administrasi tersebut. Salah satunya,sebagian besar parpol tidak memasukan dana kampanye ke rekening.

Terkait dengan laporan dari KAP tersebut, KPU Jepara mepersilahkan kepada masyarakat untuk menilai sendiri masing-masing parpol. Meskipun tidak ada sanksi secara hukum terkait dengan kepatuhan itu , semua di kembalikan kepada msyarkat.
” Masyarkat yang menilai kinerja dan kualitas parpol yang bersangkutan ,kami persilahkan masyarkat untuk menilai” pungkasnya.