Puluhan Sopir Di Jepara Lakukan Tes Urin

OLYMPUS DIGITAL CAMERAPetugas gabungan dari Satnarkoba , Satlantas Polres Jepara serta Satpol PP dan Dishubkominfo Jepara. Mengelar razia tes urin kepada puluhan sopir yang mangkal di Terminal Jepara (02/6). Langkah itu di lakukan terkait jumplah penguna Narkoba di kalangan sopir di Jepara setiap tahun mengalami peningkatan.

Kasat Narkoba Polres Jepara AKP I Dewa Gede Mahendra mengatakan pihaknya sering mendapat laporan terkait aktivitas penyalahgunaan narkoba di kalangan sopir. Baik berupa adanya sopir yang menjadi kurir jaringan narkoba maupun yang memakai barang haram tersebut.

Mehendra menambahkan memang tidak bisa langsung diketahui. Sebab harus menunggu hasil uji laboratorium. Jika memang ada sopir yang terbukti menggunakan narkoba maka akan diproses lebih lanjut. “Data-data milik sopir sudah kita kantongi, jadi mudah melacaknya,” paparnya.

Baca juga:  Lawan Narkoba, Anggota TNI Kodim 0719 Jepara Jalani Tes Urine

Di tanya tentang sopir dapat narkoba dari mana mahendra menerangkan narkoba sebagian besar di dapat dari daerah solo dan semarang.

Para sopir baik angkudes maupun antar kota dalam provinsi (AKDP) yang semula duduk-duduk menunggu penumpang terlihat kaget saat didatangi petugas gabungan. Satu per satu sopir itu lantas diminta berkumpul di ruang kepala Terminal Jepara. Setelah dilakukan pendataan, para sopir itu lantas diminta buang air kecil dan sekaligus menampung air seninya di wadah yang telah diberikan petugas.

Baca juga:  Kasus Narkoba Meningkat, Marzuqi Usulkan Kantor BNNK

Sementara itu salah satu sopir Jepara – Kudus, Mashadi mengaku tak mempermasalahkan langkah razia aparat kepolisian. Sebab ia merasa tidak pernah memakai narkoba. Mashadi mengakui jika aktivitasnya memang menguras fikiran maupun tenaga. Namun untuk ketahanan staminanya, ia tak menggunakan narkoba tapi hanya mengkonsumsi kopi.
“Kopi lebih aman. Kalau teman-teman yang lain saya tidak tahu,” tandasnya.

 

Artikel Terkait Lainnya