Di Jepara 82 Tahanan Dapat Remisi Hari Raya

Ilustrasi
Ilustrasi

Hari raya Idul Fitri tahun ini, sebanyak 82 tahanan Rutan Jepara mendapatkan remisi atau pengurangan masa hukuman penjara. Tahanan terpidana umum yang mendapatkan remisi lebaran sejumlah 64 orang. Sedangkan tahanan yang tersangkut kasus narkotika sebanyak 11 orang.

Kepala Rutan Jepara Sri Yanti mengatakan, khusus bagi tahanan lanjut usia yang mendapatkan remisi khusus dengan potongan masa tahanan satu hingga enam bulan. Dua tahanan diantaranya bahkan akan bebas tepat saat hari raya.

” Pengurangan masa hukuman bervariasi berkisar antara 15 hari hingga dua bulan ” ucapnya.

Pihaknya juga mengajukan susulan pada Juni lalu sebanyak lima orang pidana umum. Sedangkan terpidana khusus yang diajukan belum dapat dikabulkan oleh Kantr Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) Wilayah Jawa Tengah.

Syarat tahahan untuk mendapatkan remisi, lanjut Yanti diantaranya masa hukuman sekurang-kurangnya yakni enam bulan. Dan yang tak tak kalah penting yakni dapat menjaga dan menunjukkan kelakuan baik selama dalam masa tahanan.

Disampaikan saat ini terjadi peningkatan jumlah pengunjung yang membesuk anggota keluarganya di tahanan, terlebih menjelang hari raya seperti sekarang ini. sebab itu pihaknya meningkatkan kewaspadaan dan melakukan pemeriksaan berlapis

Artikel Terkait Lainnya