Ratusan Pekerja Anak di Jepara Dapat Pendidikan Gratis

ilustrasi Pekerja Anak
ilustrasi Pekerja Anak

Dinas Sosial dan Ketanagakerjaan (Dinsosnakertrans) Kabupaten Jepara, menyerahkan sebanyak 150 pekerja anak kepada Kemenag dan Disdikpora Kabupaten Jepara.

150 pekerja anak yang diserahkan kepada Kemenag dan Disdikpora Kabupaten Jepara itu, baru usai menjalani kegiatan sebulan penuh di lokasi penampungan Kampus Undip Kelautan dan Perikanan Desa Teluk Awur Kecamatan Tahunan.

Hal itu di ungkapkan Bidang Pengawasan Ketanagakerjaan Dinas Sosial dan Ketanagakerjaan (Dinsosnakertrans) Kabupaten Jepara Muktiati kemarin, dari 150 anak ungkap muktiati ,yang akan disalurkan ke jenjang pendidikan sekolah dasar sebanyak dua anak, ke jenjang SMP/sederajat sebanyak 26 anak, ke jenjang SMA/sederajat sebanyak 86 anak, kejar paket sejumlah 34 anak.

“Mereka yang melanjutkan ke sekolah kejar paket, adalah mereka yang pendidikannya masih rendah tapi merasa malu jika kembali ke sekolah regular karena faktor usia,” imbuhnya.

Baca juga:  Jepara Terus Berbenah Hadapi Penilaian Wahana Tata Nugraha

Mereka akan mendapatkan fasilitas pendidikan gratis hingga tamat SMA, karena memang mereka dibesarkan dari keluarga kurang mampu. Muktiati menilai hak-hak anak yang mesti dipenuhi diantaranya adalah belajar dan bermain.

“Kerinduan anak-anak akan proses belajar dan bermain tercermin ketika mengikuti kegiatan di shelter selama satu bulan lamanya, nampak semangat dan keceriaan di wajah-wajah mereka ” ucapnya.

Muktiati berharap dengan kembalinya mereka ke dunia pendidikan dapat menumbuhkan semangat belajar untuk meraih cita-cita.

Artikel Terkait Lainnya

Tinggalkan pesan

Your email address will not be published.