Warga Ngabul Temukan Guci Kuno Berisikan Uang Perak

Suwanto saat memghitung uang yang ada di dalam guci kuno
Suwanto saat memghitung uang yang ada di dalam guci kuno

Suwanto warga dukuh Sukosari Rt 03 Rw 05 Desa Ngabul Kecamatan Tahunan menemukan sebuah Guci Cina kuno yang terbuat dari keramik yang didalamnya berisi ribuan keping uang Cina kuno. Diduga Guci dan uang yang terbuat dari tembaga itu harta karun yang disembunyikan pada jaman Cina dulu .


Suwanto menceritakan, Pertama kali penemuan benda kuno itu adalah anaknya yakni Miftahul dan Riska Nabila yang sedang bermain plorotan tanah waktu hujan pada hari Kamis (13/11) dikebun belakang rumah.

” Saat asik bermainan, anak saya menginjak guci itu, merka lapor kepada saya ” ucapnya.

Baca juga:  Mahasiswa Madura Asal Jepara Peringati Hari Kartini

Untuk memastikan apa yang ditemukan anak anaknya tersebut Suwanto melapor kepada petinggi setempat hingga akhirnya pada Sabtu (15/11) melaporkan kepada Kapolsek Tahunan untuk membongkar benda tersebut.

Kapolsek Tahunan AKP Budi Wiyono mengatakan , setelah mendapatkan informasi dari petinggi setempat kemudian pihaknya melakukan penggalian untuk memastikan benda apa yang terkubur tersebut .

” Setelah kami bongkar, ternyata ditemukan sebuah guci kuno setinggi 54 cm dengan diameter 30 cm dan berisi uang koin dari bahan perak dengan jumlah ribuan keping,” tuturnya .

Baca juga:  KPU Jepara Kirim logistik Pilpres ke Karimunjawa

Setelah dihitung bersama anggota polsek, petinggi dan juga penemu benda kuno tersebut. Total keseluruhan uang kuno yang terbuat dari bahan perak itu berjumalah 3.193 keping. Pihaknya juga memastikan bahwa baru pertama kali ini ditemukan benda kuno didaerah tersebut.

Budi menjelaskan, untuk langkah selanjutnya akan disusun laporan dan dilaporkan ke wakapolres Jepara. Kemudian diteruskan ke Wabup Jepara untuk ditindak lanjuti. (Ferdy K)

Artikel Terkait Lainnya

Tinggalkan pesan

Your email address will not be published.