Akibat Musim Durian Mundur, Harga Durian di Pasar Ngabul Melambung

DSCI0047Harga buah durian di pasar Ngbaul tahun ini tidak semurah tahun kemarin, lantaran sampai akhir bulan Desember, tanaman durian masih belum bisa dipanen. Hal itu menyebabkan stok durian minim dan berimbas pada mahalnya harga durian di Jepara.

Salah seorang pemilik kebun Durian dari Desa Ngabul, Khumaini, mengatakan sampai akhir tahun ini pihaknya belum dapat memanen durian di kebun yang dimilikinya. Sebab, kondisi durian masih belum matang. Selain musim durian tahun ini mundur. Dia memastikan musim durian tahun ini tidak banyak dibanding musim lalu.


” Di kebun saya,satu tangkai biasanya ada enam buah, tapi sekarang hanya ada dua atau tiga saja, makanya harga durian mahal karena durian langka”, katanya.

Baca juga:  Jepara Bagian Utara Terbanyak Kasus pencabulan

Perbandingan angka panen dibandingkan dengan tahun lalu berkisar satu banding tiga dengan tahun ini. Ditanya tentang harga durian yang ia jual, Khumaini menerangkan, harga durian ukuran besar mencapai Rp. 40 ribu hingga Rp. 50ribu.

“Kalau normal berkisar Rp 25 ribu sampai Rp 30 ribu perbuah”, ungkapnya.

Dan saat ini, lanjut Khumaini, yang dijual di sekitar Pasar Ngabul sebagian besar adalah durian yang berasal bukan dari Jepara, melainkan dari berbagai kota terutama dari Sumatera.

Tinggalkan pesan

Your email address will not be published.