Operasi Zebra Candi 2.551 Pengendara Ditilang

imagesAparat Satlantas Polres Jepara menilang 2.551 pelanggar lalu lintas pada pelaksanaan Operasi Zebra Candi 2014 yang di mulai 26 November lalu. Pelanggaran didominasi pengendara roda dua yang tidak membawa perlengkapan keselamatan berlalu lintas.

Kapolres Jepara AKBP Fajar Budiyanto mengungkapkan, Hingga hari terakhir operasi kemarin, jumlah pelanggaran mencapai 2.551. Pelanggaran lalu lintas masih didominasi kendaraan roda dua.

“Pelanggaran didominasi pengendara roda dua yang tidak memakai perlengkapan keamanan berkendara, seperti helm, kaca spion dan perlengakapan kendaraan yang tidak sesuai standar. Selain itu, banyak pengendara yang tidak membawa atau memiliki surat, baik STNK maupun SIM.”ungkapnya.

Baca juga:  Tersandung Kasus Korupsi Ajukan Pensiun Dini

Untuk roda empat, pelanggaran didominasi pengendara yang tidak memakai sabuk pengaman, tidak menyalakan lampu dan tidak memiliki kelengkapan surat. Untuk angkutan, kelebihan muatan dan tidak memiliki kelengakapan surat juga mendominasi.

Jumlah tersebut meningkat jika dibandingkan dengan Operasi Zebra Candi tahun lalu. Kenaikan jumlah pelanggar tersebut diketahu sejak pertengahan operasi. Berdasarkan data analisa dan evaluasi (Anev) pertengahan Operasi Zebra Candi 2014 yang dilakukan Satlantas Polres Jepara, tercatat sebanyak 1.375 surat tilang dilayangkan kepada pelanggar lalu lintas. Sedangkan tahun 2013 terdapat 1.250 pelanggaran dipertengahan operasi. Jumlah pelanggaran naik sekitar 10 persen.

Artikel Terkait Lainnya

Tinggalkan pesan

Your email address will not be published.