Cegah Banjir Empat Sungai Jepara Akan Dinormalisasi

10998122_650398771755309_1157423487_oKepala Dinas Bina Marga Pengairan Energi Sumber Daya Mineral (BMP-ESDM) Kabupaten Jepara, Budiarto mengatakan, Pemkab Jepara berencana melakukan normalisasi sungai di beberapa sungai yang mendesak untuk dilakukan normalisasi.

Sungai yang mendesak untuk dilakukan normalisasi adalah sungai di Tegalsambi, Petekean, Demangan dan Teluk Awur. Keempat sungai tersebut sudah dalam kondisi dangkal.

“Salah satu penyebab bencana banjir di beberapa tempat di Jepara adalah sungai yang dangkal sehingga tak mampu menampung semua air yang datang dari dataran tinggi untuk sampai di laut. Untuk itu, Pemkab Jepara berencana melakukan normalisasi sungai,” ungkapnya.

Baca juga:  Peran KB Pria di Jepara Masih Rendah

Untuk itu, kata Budiarto, beberapa waktu lalu pihaknya telah mengajukan proposal bantuan ke pemerintah pusat. Meski sebelumnya Wakil Bupati Jepara Subroto telah menyatakan proposal tersebut telah disetujui melalui pengesahan APBN Perubahan, pihaknya mengaku belum mengetahui.

Seperti diberitakan sebelumnya, Subroto menyatakan, pemerintah pusat telah menyetujui permohonan bantuan untuk bidang infrastruktur termasuk untuk normalisasi sungai senilai Rp 30 miliar. Persetujuan tersebut seiring dengan disahkannya APBN Perubahan 2015.

Artikel Terkait Lainnya

Tinggalkan pesan

Your email address will not be published.

1 Komentar