SIM Habis Masa Berlaku Lebih Tiga Bulan, Wajib Buat Baru

IMG20150206140933Kasat Lantas Polres Jepara AKP Arianto Salkery didampingi Kanit Regident Iptu Syaifuddin mengatakan, sesuai aturan terbaru, pemilik Surat Izin Mengemudi (SIM) yang sudah habis masa berlakunya lebih dari tiga bulan, diwajibkan untuk membuat SIM baru. Untuk itu, pemilik SIM yang akan segera habis masa berlakunya diimbau agar dapat segera melakukan perpanjangan.

“Jika sudah habis tentu harus membuat baru.” Hal ini sesuai dengan Peraturan Kapolri (Perkap) Nomor 09 Tahun 2012, untuk itu kita menghimbau kepada masyarakat jika masa berlaku SIM-nya akan habis segera untuk mengurus perpanjangan,” ujar Salkery.

Baca juga:  Kurang Dari Dua Bulan Karaoke di Jepara Tutup

Lebih lanjut Salkery menjelaskan, untuk tarif membuat SIM C perpanjangan sebesar Rp 75 ribu dan untuk SIM A sebesar Rp 80 ribu. Sedangkan untuk pembuatan SIM C baru sebesar Rp 100 ribu dan SIM A sebesar Rp 120 ribu.

“Selain biaya itu, bukan tanggung jawab dari kepolisian. Untuk biaya tes kesehatan, tes psikologi maupun serifikat dari LPK hanya menjadi syarat yang harus dipenuhi sebelum mengikuti ujian di kepolisian,” terangnya.

Di dalam aturan, lanjut Salkery, pemohon SIM sebelum ikuti uji SIM dianjurkan minimal pernah belajar sendiri atau mengikuti belajar mengemudi di sekolah pengemudi. Hal ini penting, agar pemohon SIM paham dengan aturan berlalu lintas.

Tinggalkan pesan

Your email address will not be published.

1 Komentar