Jepara Yakin Mampu Bersaing Menghadapi MEA

IMG_9134Sekretaris Daerah (Sekda) Jepara, Sholih, saat acara Raker Himpunan Penguasaha Muda Indonesia (Hipmi) BPC Jepara 2014 – 2017, di hotel D’Season Bandengan, Kamis (12/2), mengatakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jepara yakin mampu bersaing menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) yang digadang dimulai pada tahun 2015 ini.

“Para pengusaha Jepara akan mampu menunjukkan kemampuan mereka dan dapat bersaing menghadapi MEA. Kami menilai selama ini para pengusaha Jepara dikenal sebagai pelaku usaha yang kreatif dan inovatif. Sehingga tidak mudah ditiru negara lain,” ungkap Sholih.

Namun demikian dikatakan Sholih, harus ada persiapan yang matang, salah satunya adalah dengan penguatan daya saing dan ekonomi lokal agar produk yang dihasilkan mampu menembus Asean. Selain itu, penguasaan bahasa asing juga sangat penting dalam komunikasi pada mayarakat internasional.

Dia menjelaskan, Selain mengembangan skill dan bahasa, pengembangan jejaring (networking), antara penguasaha kecil, investor termasuk pemberdayaan Usaha Kecil dan Menengah (UKM). MEA nantinya akan menjadi trend bagi dunia, sehingga Indonesia harus mau dan ikut terlibat didalamnya.