Kantor Arsip Jepara Mulai Lakukan Digitalisasi

1847936Kantor Arsip Daerah Kab. Jepara mulai melakukan digitalisasi arsip di tahun 2015 ini. Hal ini mengingat semakin banyaknya berkas yang dijadikan arsip dan disimpan di Kantor Arsip Daerah, sedangkan kapasitas gudang penyimpanan terbatas.

“Upaya digitalisasi arsip memang harus dimulai dari sekarang. Pasalnya, selain keterbatasan gudang untuk penyimpanan hard file, juga karena keterbatasan biaya atau anggaran untuk pengadaan alat,” ungkap Kepala Kantor Arsip Daerah Jepara Nurkowan (9/2).

Menurutnya, program digitalisasi arsip akan dilakukan secara bertahap. Apalagi, upaya melakukan scanning sejumlah arsip yang sudah ada membutuhkan waktu yang lama lantaran baru ada satu alat untuk men-scan. Kedepan, diharapkan program tersebut dapat benar-benar terwujud.

Baca juga:  Warga Bantrung Meriahkan HUT RI Ke-72 Dengan Drag Race Karung

“Jumlah arsip yang sudah ada sangat banyak, dan kami butuh waktu lama untuk melakukan scanner,” katanya.

Selain itu, pihaknya mengaku akan membuat jaringan sistem kearsipan yang dapat terhubung ke semua SKPD agar pengelolaan arsip dapat terpantau dan jika ada yang mencari informasi tentang arsip juga dapat lebih mudah mendapatkannya. Apalagi seiring dengan telah disahkannya Perda tentang penyelenggaraan kearsipan. Di dalam Perda tersebut juga berisi tentang kewajiban bagi seluruh SKPD untuk mengelola arsip mereka masing-masing.

Tinggalkan pesan

Your email address will not be published.