KKN UMK Tanam Palawija di Pekarangan Rumah Warga

TanamMahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Muria Kudus (1/2) bersama para Pemuda Tani Makmur 2 Desa Kecapi Nganjir Rt 21 Rw 04 Kecamatan Tahunan Kabupaten Jepara, bergotong-royong menanam tanaman dengan memanfaatkan lahan perkarangan rumah warga.

Jenis tanaman yang di tanam diantaranya serai, cabai, tomat, terong, sawi, bayam, kunir, ketela, kacang panjang dan lain sebagainya.

Ketua Pemuda Tani Makmur 2 Rifai (35) mengatakan, pihkanya bersama warga dan dibantu mahasiswa KKN UMK Kudus memannfaatkan pekarangan rumah wrga, menanam tanaman palawija yang bisa di manfaatkan lansung oleh warga, hal ini menyusul progam pemerintah untuk swasembada pangan.

“Sebelum ada teman-teman KKN kami bersama pemuda sudah melakukan penanaman di pekarangan rumah warga, ini kami lakukan untuk melaksankan progam pemerintah dalam swasembada pangan,” kata Rifai.

Dari penanaman tanaman tersebut lanjut Rifai, nantinya akan dipelihara oleh kelompok tani dan kelak hasilnya akan dinikmati bersama warga sekitar.

“Setelah penanaman ini kelompok tani akan memeliharanya, dari pupuk dan perawatan, jika sudah siap panen nantinya akan kami panen bersama warga,” ungkapnya.

Lufita Sari mahasiwsa KKN UMK yang ikut andil dalam penanaman tersebut mengatakan, langkah yang dilakukan pemuda dan warga Desa Kecapi Nganjir Rt 21 Rw 4 Kecamatan Tahunan Jepara tersebut sangat bagus, hal itu ikut membantu progam pemerintah dalam swasembada pangan.

“Tanaman yang ditanam ini sangat bermafaat untuk warga nantinya, dan ini progam yang sangat baik,” kata Lufita.

Lufita berharap progam penanaman palawija ini tidak hanya dilakukan di desa Kecapi saja melainkan desa-desa lainya di Jepara.

“Progam seperti ini sangat bagus, jika nanti sudah panen dan hasilnya banyak, warga bisa ikut menjualnya, dan ini bisa menopang perekonomian warga,” pungkasnya.