KKN Unisnu Gelar Pelatihan Bagi Guru PAUD dan TK

IMG_20150216_104358Mengingat pentingnya alat peraga dalam menciptakan proses pedidikan yang menyenangkan, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Univeritas Islam Nahdlatul Ulama (Unisnu) Jepara menggelar pelatihan alat peraga edukasi bagi guru PAUD dan TK, Senin (16/2), di pendopo Balai Desa Banyuputih Kecamatan Kalinyamatan Kabupaten Jepara.

Ketua Lembaga Pengadian Pada Masyarakat (LPPM), Unisnu Adi Sucipto, menyampaikan, sampai saat ini masih banyak guru PAUD dan TK hanya memanfaatkan alat permainan konfevsional. Belum banyak guru PAUD dan TK yang memanfaatkan tekhnologi, seperti aplikasi alat peraga perangkat lunak dalam proses pembelajaran.

Baca juga:  KPU dan UNISNU Jalin Kerjasama

“Jika biasanya bapak ibu guru mengajar menggunakan alat peraga konvensional yang harganya mahal, kenapa sekarang tidak memanfaatkan komputer dengan media peraga yang menarik maka anak akan lebih bersemangat dalam belajar,” ujar Sucipto.

Menurutnya, era teknologi komunikasi seperti saat ini semestinya mampu dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya, termasuk oleh para guru. Apalagi, saat ini jamannya sudah sangat modern, seorang anak sudah banyak yang mengenal alat-alat elektronik.

Sementara itu, Rektor Unisnu Prof. Dr. Muhtarom menyampaikan, proses pendidikan anak pada usia dini adalah pondasi. Jika dari awal anak tidak dikenalkan dengan pendidikan yang baik, maka itu akan berpengaruh pada perkembangan anak itu sendiri.

Baca juga:  Prokontra Jokowi menuju Presiden

“Yang terpenting anak juga harus dibekali pendidikan agama yang baik pula. Ini sesuai dengan harapan para tokoh-tokoh terdahulu untuk menyeimbangkan antara ilmu pengetahuan teknologi (Iptek) dengan iman dan takwa (Imtak),” katanya.

Artikel Terkait Lainnya

Tinggalkan pesan

Your email address will not be published.