PNS Harus Ubah Paradigma Berpikir

DSC_0018Asisten II Sekda Jepara, Edi Sudjatmiko mengatakan, sesuai Peraturan Menteri PAN-RB Tahun 2012 tentang Pedoman Pengembangan Budaya Kerja. Semua Pegawai Negeri Sipil (PNS) harus merubah perilaku dari paradigma sebagai Penguasa menjadi pelayan masyarakat. Perubahan juga harus diikuti dengan pengembangan budaya kerja di instansi dan lingkungan masing-masing.

“PNS adalah ujung tombak pelayanan publik yang harus mampu memberikan pelayanan terbaik. Selanjutnya jadikan budaya kerja ini menjadi adat kebiasaan sebagaimana amanat Perpres No. 81 Th 2010 tentang Grand Design RB 2010-2025, ditindaklanjuti Permenpan RB No. 20 Th 2010 Road Map RB 2010-2014. Yang meliputi 8 area perubahan atau manajemen perubahan,” ujar Edi Sudjatmiko saat Bintek Fasilitator Kelompok Budaya Kerja Kabupaten Jepara. Pada tahap awal, angkatan I Tahun 2015 ini diselenggarakan di Ruang Rapat I Setda Jepara, Selasa (17/2).

Menurutnya, peningkatan budaya kerja ini sangat penting sekali ditengah banyaknya keluhan pelayanan, rendahnya aparatur dan budaya kerja. Dalam hal ini diperlukan upaya luar biasa dan kontinyu agar terbentuk budaya kerja yang baik.

Baca juga:  Kinerja Pegawai Jepara Dievaluasi

“Diantaranya melalui pembentukan kelompok budaya kerja sebagaimana yang dilaksanakan saat ini. Harapannya kelompok ini nantinya dapat berperan di wilayah masing-masing, sehingga terwujud budaya kerja yang cerdas, cepat, efektif, efisien, akuntabel serta didasari dengan kejujuran dan 12 budaya malu,” tuturnya.

Artikel Terkait Lainnya