Rute Jalan Tol Jepara Dirubah

TolRencana Pemerintah Kabupaten Jepara dalam pembangunan jalan tol tetap lanjut, tapi ada pengalihan rute. Ini dilakukan untuk menekan Cost of Development. Biaya pembangunan dapat turun sekitar 40 hingga 50 persen.

Wakil Bupati Jepara Subroto mengatakan, pemerintah mewacanakan rute jalan tol yang akan dibangun berubah dari rencana awal. Rencana awal, jalan tersebut akan menghubungkan Semarang-Kedung-Jepara-Bangsri-Keling-Pati. Kini rencana tersebut diubah dan dialihkan dari Semarang-Welahan-Pecangaan-Mayong-Kudus.

“Hal Ini dilakukan untuk menekan cost of development. Biaya pembangunan dapat turun sekitar 40 hingga 50 persen,” terang Wakil Bupati Jepara Subroto.

Lebih lanjut Subroto menerangkan, rencana mega proyek pembangunan jalan tol ini tak hanya dilakukan di Kota Ukir saja. Jalan tol ini akan dibangun mulai dari Semarang hingga Gresik.

Total panjang jalan tol tersebut diperkirakan mencapai 200 kilometer. Sedangkan panjang jalan ruas tol yang akan melalui Welahan-Pecangaan-Mayong-Kudus hingga 40 kilometer.

Pembangunan jalan tol tersebut juga dilakukan bersama pembangunan pelabuhan Jepara. “Untuk menghubungkan akses jalan menuju pelabuhan juga akan dibangun jalan tol dari Pecangaan hingga Keling. Panjang jalan menuju pelabuhan hingga 20 kilometer. Luas pelabuhan direncanakan 3000 hektar,” katanya.

Subroto menambahkan, pembangunan proyek tersebut dikerjasamakan dengan pihak investor. Diantara yang siap menangani mega proyek pembangunan jalan tol tersebut adalah China Sinongol.