SIM Percepat Perbaikan Infrastruktur

????Kepala DBMPESDM Jepara Budiarto mengatakan, untuk mempercepat pembangunan maupun perbaikan infrastruktur di Jepara, pihaknya akan memperbaiki sistem pengerjaan proyek. Salah satunya dengan dengan membuat Sistem Informasi Manajemen (SIM).

“SIM akan menghimpun informasi dari berbagai sumber tentang infrastruktur yang mengalami kerusakan dan belum memperoleh penanganan. Saat ini kami baru mempersiapkan format yang tepat untuk menerapkan SIM itu,” katanya.

Rencananya, lanjut Budiarto, SIM tidak hanya menghimpun informasi tentang infrastrukhtur yang sudah mengalami kerusakan, tapi juga infrastruktur yang akan mengalami kerusakan sehingga bisa diantisipasi secara dini, khususnya konstruksi jembatan.

Budiarto menambahkan, perencanaan pembangunan maupun perbaikan akan dipercepat. Ini dilalakukan untuk menghindari keterlambatan pengerjaan proyek, yang seringkali baru dikerjakan di penghujung tahun, bahkan tertunda karena terbentur musim hujan.

“Untuk proyek besar dengan nilai di atas Rp 200 juta, kami harus melalui prosedur lelang. Seringkali lelang dilakukan berulang kali. Ini yang seringkali memperlambat pengerjaan. Untuk mempercepatnya, kami akan mempercepat perencanaan,” tandasnya.