Tebing Longsor Timpa Rumah Warga di Desa Plajan

DSC_0125Tebing setinggi empat meter longsor menimpa sebuah rumah di RT 23 RW 4 Dukuh Dampak, Desa Plajan Kecamatan Pakis Aji Kabupaten Jepara, Rabu malam (4/2). Tidak ada korban dalam musibah tersebut namun kerugian di perkirakan mencapai belasan juta.

Pemilik rumah Rusmanto (36) mengatakan, saat terjadi musibah ia bersama tiga anggota keluarga lainya tengah mengikuti acara Ngaji di rumah tetangga yang sedang kesusahan. Akibat peristiwa tersebut, bagian belakang rumah Rusmanto mengalami kerusakan parah.

“Kejadiannya sekitar pukul 20.00 WIB. Hujan sangat lebat, tiba-tiba tanah di tebing belakang rumah turun dan menghantam bagian belakang rumah saya hingga temboknya jebol. Yang rusak bagian dapur dan beberapa barang tertimbun tanah,” ujar Rusmanto.

Baca juga:  Jepara Selatan Banjir, Jepara Utara Siaga Longsor

Sementara itu, Kepala BPBD Jepara Lulus Supayitno mengimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada. Terlebih mereka yang tinggal di wilayah perbukitan, termasuk tempat tinggal mereka yang berada di bawah tebing. Pasalnya, jika intensitas hujan yang cukup tinggi, seringkali tebing tersebut tidak dapat menahan debit air yang begitu besar sehingga menyebabkan longsor.

Artikel Terkait Lainnya