Warga di Rawan Longsor Diimbau Agar Lebih Waspada.

1Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jepara, Lulus Suprayitno mengatakan, banyaknya pemukiman warga yang berada diatas dan dibawah tebing membuat ancaman longsor semakin membahayakan warga. Untuk itu, warga yang berada di lokasi rawan longsor diimbau agar lebih waspada.

“Musibah tanah longsor yang terjadi di Desa Plajan Kecamatan Pakis Aji kemarin, harus dapat menjadi pengalaman bagi penduduk di kawasan tebing. Curah hujan yang tinggi membuat ancaman bencana tanah longsor juga ikut tinggi,” kata Lulus (9/2).

Baca juga:  Satresnarkoba Polres Jepara Ringkus Pengedar Sabu

Pihaknya menyarankan agar dapat menjauh dari tebing saat terjadi hujan lebat. Atau mengungsi di lokasi yang lebih aman di daerah terdekat. Jika intensitas hujan cukup tinggi, seringkali tebing tersebut tidak dapat menahan debit air yang begitu besar sehingga dapat menyebabkan longsor.

“Intensitas hujan saat ini semakin meningkat. Warga yang berada di dataran tinggi, terutama di dekat tebing, baik diatas maupun dibawah tebing harus waspada pada bencana tanah longsor,” ujarnya.

Tinggalkan pesan

Your email address will not be published.