Butuh 1,7 Triliun Untuk Memperbaiki Infrastruktur Jepara

IMG_9955Sesuai dengan kalkulasi yang dilakukan Dinas Bina Marga, Pengairan dan ESDM (DBMP ESDM) Jepara, untuk memperbaiki infrastruktur jalan se-kabupaten Jepara dibutuhkan dana 1,7 triliun, dan dibutuhkan waktu paling tidak 24 tahun untuk membangun jalan agar lebih baik.

Jika dikalkulasi dengan APBD Jepara 2015, maka semua anggaran tahun ini bisa habis hanya untuk perbaikan jalan. Pasalnya, sebagaimana tertuang dalam Perda No 48 Tahun 2014 tentang Pengesahan APBD Tahun 2015, tercatat APBD Jepara tahun 2015 sebesar Rp 1,7 triliun lebih. Anggaran yang ada ini lebih banyak dibelanjakan untuk anggaran tak langsung seperti gaji pegawai.

Bupati Jepara Ahmad Marzuqi mengatakan, pihaknya meminta keterbatasan dana ini harus disiasati dengan melaksanakan kegaiatan APBD 2015 secara tepat dan cepat, serta dengan pengawasan yang ketat dari pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) masing-masing.

”Dalam perbaikan infrastruktur, khususnya perbaikan dan pembangunan jalan diperlukan kreasi dan inovasi. Harus ada strategi agar dengan dana yang terbatas tapi hasilnya cukup maksimal,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Bina Marga pada Dinas BMPESDM Hartaya menerangkan, jalan kabupaten yang memiliki panjang sekitar 850 kilometer memang perlu ada perbaikan, bahkan pembangunan. Hal ini tidak lepas dari tonase kendaraan yang terus meningkat. Bahkan 60 persen jalan di Jepara saat ini mengalami kerusakan.

Tinggalkan pesan

Your email address will not be published.