Dana Rehabilitasi Bencana Belum Cair

10998122_650398771755309_1157423487_oBadan Penanggulangan Daerah Bencana (BPBD) Jepara optimis dana rehabilitasi bencana akan cair. Pasalnya, informasi terakhir dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang diterima BPBD Jepara, dana akan cair pada bulan Mei mendatang.

“Kami  mendapatkan informasi akan cair pada bulan Mei, namun  belum mendapatkan informasi secara pasti tanggalnya, dengan informasi itu kami sedikit lega,” ungkap Kepala BPBD Jepara, Lulus Suprayitno .

Ia menjelaskan, dalam pengajuan tersebut, BNPB hanya mengingstruksikan kepada daerah untuk menginventaris dampak bencana yang menjadi wilayah penanganan daerah masing-masing. Tugas ini bukan menjadi wewenang Provinsi, atau bahkan Pusat.

Baca juga:  Penderita Kusta Dapat Bantuan Senilai Rp 240 Juta

“Dalam proposal  rehabilitasi dan rekonstruksi dampak bencana di Jepara tahun 2014 yang diajukan kepada BNPB dinilai tidak sesuai prosedur yang ada dalam hal wewenang,” kata Lulus.

BPBD Jepara mengajukan perbaikan pada 12 ruas jalan, serta 44 sungai dan saluran irigasi, dengan total anggaran Rp 31,95 miliar. Pihaknya sebenarnya juga mengaku khawatir jika sebagian pengajuan tersebut tidak dikabulkan karena persoalan wewenang tersebut.

Artikel Terkait Lainnya