Jepara Yakin Dapat Adipura Kencana

IMG_Adipura.3Mendekati jadwal penilaian Adipura tahap kedua Pemkab Jepara melakukan kordinasi dengan semua Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), Kepala Desa dan Ketua RT/RW yang menjadi titik pantau penilaian, Senin (23/3).

Wakil Bupati Jepara, Subroto, mengatakan untuk pengelolaan sampah di titik pantau perlu adanya perhatian yang serius dengan memberikan sosialisasi dan pengertian kepada seluruh masyarakat agar membuang sampah di tempatnya.

“Selain itu juga harus bisa memilah sampah tersebut yang organik dan anorganik untuk memudahkan dalam pengelolaan sampah,” kata Subroto.

Baca juga:  Komisi D DPRD Bojonegoro Berkunjung ke Jepara

Dia juga menjelaskan, untuk Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah Bandengan diharapkan dapat ditingkatkan cara pengelolaan sampah yang baik karena memiliki bobot nilai yang tinggi dalam penilaian Adipura Kencana.

“Untuk bisa mendapatakan nilai tinggi tersebut perlu adanya pemilahan sampah dikategorikan dalam 4 bagian, yaitu pemilahan sampah basah berupa dedaunan, kemudian sampah yang bisa digunakan kembali, sampah yang bisa didaur ulang dan sampah yang tidak bisa digunakan kembali,” terang Subroto.

Dia meminta, semua penanggungjawab hendaknya bisa memberikan contoh dan pengertian kepada semua masyarakat supaya mendukung ambisi Pemkab Jepara untuk meraih Adipura Kencana, dengan menunjukan perilaku dalam membuang sampah ditempatnya.

Artikel Terkait Lainnya