Perbaikan Tanggul Sungai Jepara Minta Dana ke BNPB

DSC_2335Tanggul atau talud sungai di Jepara diajukan untuk diperbaiki. Pengajuan proposal kebencanaan tersebut ditujukan kepada Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pada 2014 lalu. Saat ini pengajuan dalam proses verifikasi data untuk pengabulan proposal tersebut.

Kapala Seksi Rehabilitasi dan Rekonstruksi pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jepara Jamaludin menerangkan, tim dari BNPB sudah melakukan survei di 16 sungai dan kali bersama Bidang Pengairan pada sesuai dengan yang diajukan, pada pertengahan Februari lalu.

Diantara yang sudah disurvei adalah Kali Tingen di Desa Bondo Kecamatan Bangsri, Embut Desa Karanggondang, Kali Tubanan dan Kali Tekuk.

“Tapi kami belum bisa memastikan apakah semua sungai dan kali yang diajukan maupun yang sudah disurvei tersebut akan benar-benar mendapatkan bantuan perbaikan tanggul. Juga belum bisa memastikan dana yang cair sesuai dengan proposal yang diajukan,” ujar Jamaludin.

Menurutnya, kali dan sungai yang diajukan bantuan merupakan yang mengalami kerusakan parah pada banjir 2014 lalu. Beberapa kali dan sungai tersebut mengalami pendangkalan maupun tanggulnya telah rapuh serta terlalu rendah.