30 Perahu Antar Sesaji Untuk Sedekah Laut Ujungwatu

Sebagai salah satu bentuk rasa syukur kepada Tuhan atas keberlimpahan hasil laut yang selama ini didapatkan oleh nelayan dan untuk memohon agar warga yang menghuni wilayah pesisir tersebut selalu diberi keselamatan. Warga Ujungwatu Kecamatan Donorojo melaksanakan sedekah laut, Kamis (7/5). Ratusan warga Ujungawatu memadati area pesisir desa untuk menyaksikan ritual tahunan tersebut.

Panitia kegiatan, Al Ma’ruf menerangkan, setelah dilakukan prosesi doa oleh sesepuh desa, lebih dari 30 perahu berlayar untuk mengantarkan sesaji yang dilarung di tengah laut, di sekitar Pulau Mandalika.

“Ritual ini kami lakukan sebagai salah satu bentuk rasa syukur kepada Tuhan atas keberlimpahan hasil laut yang selama ini didapatkan oleh nelayan Ujungwatu,”ungkapnya.

Ma’ruf menambahkan, ritual tersebut juga jadi momentum pesta rakyat warga Ujungwatu. Selain ritual sedekah laut, digelar pula beberapa pertunjukan tradisional. Dari sisi sosial, kegiatan tersebut ditujukan untuk mempererat tali silaturahmi antar warga.

Artikel Terkait Lainnya