BPPKB Jepara Laksanakan Pendataan Keluarga

IMG_2881Inah Nuroniah, kepala BPPKB Jepara mengatakan, Satu bulan penuh, mulai tanggal 1 hingga 31 Mei tahun 2015 BP2KB ( Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana ) Kabupaten Jepara melakukan pendataan keluarga di semua Desa dan kelurahan. Pendataan perdana dilakukan kader pendata secara langsung Kediaman Bupati Jepara, Jl Kartini No.1. Kedatangan petugas didampingi Kepala BP2KB dan  pejabat terkait disambut langsung Bupati bersama istri di rumah dinas.

“Pendataan ini merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan dari program kependudukan dan keluarga berencana. Hasilnya nanti dipergunakan sebagai peta kerja untuk kepentingan operasional di lapangan. Disisi lain juga sebagai data dasar perencanaan pengendalian dan penilaian program. Untuk itulah tidak hanya jumlah anggota keluarga dan identitasnya,” ungkapnya (4/5).

Inah melanjutkan, kegiatan pendataan ini secara rutin dilakukan setiap 5 tahun sekali. Tujuannya untuk pengumpulan data primer tentang kependudukan, Keluarga Berencana, pembangunan keluarga dan anggota keluarga. Disamping kegiatan 5 tahunan ini, BKKBN juga melakukan pendataan tahunan sebagai bahan pemutakhiran data. Termasuk data keluarga pra sejahtera, keluarga sejahtera I dan seterusnya.

‘Mengingat waktu dan sosialisasi yang mepet harapannya kegiatan ini dapat didukung dan dilaksanakan sebaik-baiknya,” pungkasnya.

Artikel Terkait Lainnya