Ratusan Ekor Anakan Lobster Dilepas

IMG_20150514_173855Ratusan ekor anakan lobster dilepaskan lagi oleh petugas gabungan ke Laut Jawa, Perairan Karimunjawa, Jepara. Lobster kecil yang semula hidup di keramba itu dikembalikan lagi ke habitat aslinya karena dinilai belum memenuhi ketentuan yang berlaku.

Camat Karimunjawa, Muh Tahsin mengatakan, Sasaran razia adalah keramba tempat budidaya ikan yang tersebar di wilayah perairan Karimunjawa.

“Sasaran razia adalah lobster, kepiting dan rajungan yang dibudidayakan nelayan. Setelah kami lakukan penyisiran ternyata isi keramba hanya lobster, sedang dua spesies lain tak diminati nelayan untuk dibudidayakan,” ungkapnya saat memimpin razia.

Baca juga:  APBD Jepara Tahun 2016 Alami Kenaikan

Sekitar 180 anakan lobster dilepas ke laut oleh petugas, langkah ini, menurut Tahsin, sekaligus upaya sosialisasi kepada pembudidaya ikan lewat keramba agar menaati aturan terbaru tentang perlindungan lobster, kepiting dan rajungan.

“Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 1 Tahun 2015. Sudah jelas bahwa regulasi terbaru yang diproyeksikan untuk melindungi nelayan dan sumber daya perikanan Indonesia ini memang melarang perdagangan dan penangkapan sejumlah spesies laut seperti lobster, kepiting dan rajungan, ” jelas Taksin.

Artikel Terkait Lainnya

Tinggalkan pesan

Your email address will not be published.