Sampai Bulan April Sedikitnya 98 Warga Jepara Siap Menjadi TKI

Ketua Dinsosnakertrans Jepara, Moh Zahid, melalui Kabid Pentatrans, M Subkhan, mengatakan pengiriman Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Jepara di sektor rumah tangga sampai kini masih tinggi.

Sampai bulan April tahun ini, sedikitnya ada 98 masyarakat yang sudah registrasi dan siap di berangkatkan, dan lebih dari 90 persennya didominasi perempuan.

“Pada tahun 2014, Jepara memberangkatkan 426 TKI ke berbagai negara di Asia. Untuk wialayah Timur Tengah tidak bisa dilakukan karena saat ini 21 Negara di Timur Tengah sudah resmi mendapat moratorium untuk Negara tujuan TKI asal Jepara. Karena TKI sebelumnya di sana rentan ada kasus,” ungkapnya.

Baca juga:  Suliati TKI Asal Jepara Pulang Dengan Selamat

Subkhan mengatakan, untuk TKI asal Jepara dari tahun ke tahun didominasi dari kecamatan Keling dan kecamatan Donorojo.TKI asal Jepara juga mendominasi di sektor penata pelaksana rumah tangga atau pembantu rumah tangga.

“Pelayanan TKI untuk saat ini kami perketat. Tidak hanya soal administrasi, melainkan teknis. Jika dulu saat wawancara para calon TKI datang sendiri, saat ini harus didampingi keluarga yang memberi izin,” ungkapnya.

Setelah lulus wawncara pihaknya akan memberi rekomendasi untuk pembuatan paspor dan persyaratan lainya.

Artikel Terkait Lainnya