Tukang Rosok ini Curi Iphone Milik Wisatawan di Karimunajwa

image

Entah apa yang dipikirkan oleh Tri Setyawan (44) warga Kel. Bener Tegalrejo Jogjakarta dan Ahmad Safaat (44 ) warga Dukuh Kebon Timur Desa Kiringan Boyolali ini. Mereka harus berurusan dengan Satreskrim Polres Jepara lantaran mencuri gadget yang bernilai mahal yakni Iphone dan gadget lainnya.

Tri Setyawan yang sehari-hari berprofesi sebagai seorang tukang rosok itu mengaku melakukan pencurian bersama rekannya di Hotel Arya Langon Turut Desa Kemojan Kec. Karimunjawa sekitar pukul 03.30 wib pada Jumat (15/5) lalu. Modusnya yakni dengan berkeliling menggunakan kendaraan dan mencari homestay yang tengah kosong ataupun ditinggal tidur pemiliknya.

“Saya ke Karimunjawa untuk berwisata dan tak ada niatan untuk mencuri. Karena banyaknya kesempatan untuk memiliki barang-barang berharga milik wisatawan, akhirnya kesempatan itu saya manfaatkan untuk menggasak ponsel dan alat elektronik milik wisatawan,” katanya di hadapan polisi dan wartawan saat gelar perkara di Mapolres Jepara (22/5).

Wakapolres Jepara, Kompol Juara Silalahi mengatakan, para tersangka ini berhasil ditangkap pada Sabtu (16/5) lalu oleh warga dan juga korban pencurian hingga akhirnya diserahkan ke Polsek Karimunjawa .

”Sebelum diserahkan ke sini, pencuri sempat dihajar massa. Dari hasil penyelidikan kedua tersangka ini telah melakukan aksi pencurian di enam homestay berbeda di Karimunjawa, barang bukti yang berhasil kami amankan dari tangan tersangka adalah beberapa ponsel berbagai merk, netbook, tab, powerbank dan kamera DSLR yang saat ini kami jadikan barang bukti,” terangnya.

Juara menghimbau kepada pemilik homestay ataupun hotel, warga sekitar dan wisatawan untuk selalu waspada dan berhati-hati saat menyimpan barang berharga saat berwisata. Kepada kedua pelaku dikenakan pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman tujuh tahun penjara.