KPU Sosialisasi Pilkada 2017

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jepara menyatakan siap untuk memulai tahapan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) dan wakil Kepala daerah di Kabupaten Jepara yang akan dilaksanakan tahun 2017 nanti. KPU berharap, Pilkada yang bakal dilaksanakan serentak oleh 7 kabupaten/kota ini, akan  diikuti banyak calon, sehingga masyarakat dapat memilih calon yang benar benar kredibel dan berkualitas.
 Komisioner KPU Jepara Subchan Zuhri mengatakan sudah jauh hari KPU mensosialisasikan kepada mayarakat, bahwa Pikada serentak akan dilaksnaakan  di tahun 2017 atau tahun depan. Ia berharap, dalam pemilu nanti, akan mencul banyak calon. Dengan begitu masyarakat akan lebih leluausa dan banyak referensi untuk memilih calon yang sesuai dengan kehendak hati mereka.
“Meski pelaksanaan Pilkada dilaknakan di tahun 2017 namun, proses tahapan dimulai tahun 2016 ini. Utuk itu, bagi partai politik (parpol) yang punya kendaraan atau alat untuk mencalonkan sebagai bupati, atau tokoh masyarakat yang ingin mencalonkan diri sebagai bupati lewat jalur independen untuk segere berkomunaksi dengan masyarakat, untuk menjaring calon-calonya tersebut. Kami berharap Pemilukada di Jepara tidak sepi calon, termasuk calon perempuan” paparnya.
Dikatakan Subchan, terkait pencalonan ada dua jalur, yaitu jalur parpol dan peserseorangan. Semua jalur itu bisa dilalui dengan berbagai persyaratan yang ditetapkan. Bagi parpol Sesuai Undang Undang (UU) Pemilukada minimal harus 20 persen kursi di DPRD. 10 kursi atau 25 persen perlolehan hasil pemilu 2014. Jika degan jalur perseornagan sesuai regulsi yang ada, saat ini ada sekitar 63.000 dukungan masyaakat yang diperlukan untuk paangan calon bupati dan wakil bupati independent.

Tinggalkan pesan

Your email address will not be published.