Angka Kasus Kekerasan Anak di Jepara Masih Tinggi

Kepala BPPKB Kabupaten Jepara, Inah Nuroniah mengatakan, dari tahun ke tahun angka kasus kekerasan terhadap anak dan kekerasan dalam rumah tangga di Kabupaten Jepara masih tinggi. Tercatat pada tahun 2015 lalu, terjadi 48 kasus kekerasan terhadap anak-anak, 40 kasus KDRT dan Anak Berhadapan dengan Hukum (ABH) 12 kasus.

“Sementara pada tahun 2016 hingga bulan Mei 2016, terjadi 27 kasus yang melibatkan anak-anak, 10 kasus KDRT dan ABH 2 kasus. Selain itu pada tahun 2015 juga terjadi 156 kasus  pernikahan dini dan tahun 2016 hingga bulan Juni tercatat 80 kasus yang tercatat di Pengadilan Agama,” ungkap Inah.

Baca juga:  Tak Diberi Uang Untuk Judi, Suami Bakar Istri

Menurutnya, permasalahan ini perlu mendapatkan penanganan bersama. Diantarnya melalui penyelenggaraan peringatan hari keluarga dan hari anak. Momentum ini  sangat penting dan strategis, mengingat peran keluarga merupakan lingkungan hidup primer dan fundamental terbentuknya kepribadian yang mewarnai kehidupan manusia.

“Keluarga juga perantara sosial pertama dan utama yang mengemban fungsi strategis atau 10 fungsi keluarga. Dengan demikian akan terwujud keluarga kecil yang berketahanan dan sejahtera,” tegas Nuroniah.[]

Artikel Terkait Lainnya

Tinggalkan pesan

Your email address will not be published.