DAK Untuk SD di Jepara Turun

Kucuran Dana Alokasi Khusus (DAK) bagi Sekolah Dasar (SD) yang ada di Jepara tahun ini dinilai kecil dibandingkan tahun sebelumnya. Beberapa tahun sebelumnya, DAK yang diterima bisa di atas Rp 30 miliar. Hal itu dikatakan Kepala Disdikpora Jepara Khusairi.

Khusasiri mengatakan, Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Jepara mendapatkan Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp 7,9 miliar. Dana tersebut diperuntukkan bagi Sekolah Dasar (SD) yang ada di Jepara.

Adapun dana DAK sekitar Rp 7,9 miliar untuk SD di itu digunakan, Rp 5,2 miliar untuk kegiatan fisik dan Rp 2,6 miliar untuk kegiatan nonfisik.

“Untuk kegiatan fisik dilakukan di 82 sekolah, untuk rehab ruang kelas di 65 SD, ruang kelas baru 5 SD, perpustakaan, rumah dinas dan sanitasi,” ungkapnya.

Sedangkan untuk nonfisik lanjutnya, yakni untuk TIK, pengadaan alat peraga penjaskes, IPA, IPS, matematika serta untuk perpustakaan.

Khusasiri menambahkan, untuk nominal bantuan yang diterima sekolah, tiap-tiap sekolah berbeda tergantung jenis kegiatannya. Sekolah yang mendapatkan bantuan ini, sebelumnya mengajukan melaui UPT di masing-masing kecamatan. Setelah itu melalui disdikpora diajukan ke bupati untuk ditetapkan menjadi penerima bantuan.

“Bantuan diberikan berdasarkan skal prioritas. Jika memang sudah mendesak untuk diperlukan bantuan, maka akan diberikan,” jelasnya.[]

Tinggalkan pesan

Your email address will not be published.