Gelar Simulasi Kerusuhan, Polres Jepara Siap Amankan Pilbup

Aksi dorong antara aparat keamanan dan pendemo terjadi didepan Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jepara pada Sabtu (27/8). Pendemo merasa tidak puas dengan hasil Pilkada 2017 karena calon bupati dan wakil bupati yang mereka dukung kalah. Dengan membawa sepanduk bertuliskan protes para pendemo semakin anarkis dengan mendorong barikade keamanan serta melakukan pelemparan dan pemukulan. Tidak hanya itu pendemo juga melakukan kerusakan terhadap sejumlah kendaran.

Dengan sigap jajaran kepolisian dari Polres Jepara bersama aparat dari instansi lainnya langsung melakukan pengamanan. Dengan sigap, aparat mengendalikan para demonstran dengan bantuan tembakan gas air mata. Sontak, demonstran yang anarkis tersebut berlarian karena mereka yang terkena gas air mata merasa kesakitan pada bagian mata dan tenggorokan.

Baca juga:  Sebanyak Sembilan Tersangka Terjaring Operasi Sikat Candi 2017

Kejadian tersebut hanyalah simulasi yang dilakukan jajaran kepolisian dari Polres Jepara bersama aparat dari instansi lainnya di depan Kantor KPU Jepara. Simulasi ini perlu dan penting dilakukan sebagai latihan pengamanan saat Pilkada 2017 berlangsung, agar jika sewaktu-waktu terjadi kerusuhan massa bisa dikendalikan.

Kapolres Jepara, AKBP Samsu Arifin mengatakan, dalam simulasi ini tidak hanya anggota polisi biasa yang berperan sebagai demonstan, namun juga jajaran Kapolsek yang ada di lingkungan Polres Jepara. Selain itu juga ada dari unsur PNS, Satpam dan juga yang lainnya. Total, peserta simulasi baik sebagai aparat maupun demonstran berjumlah sekitar 600 orang.

“Ini adalah simulasi yang dilakukan untuk mempersiapkan para anggota agar siap menghadapi segala kemungkinan yang bisa saja terjadi, termasuk kemungkinan terburuk yakni adanya demo anarkis yang dilakukan pendukung calon pada Pilkada nanti. Semoga saja tidak sampai ada tindakan anarkis seperti ini. Semuanya berharap agar Pilkada 2017 nanti berlangsung dengan kondisi aman dan tertib, serta kondusif,” ujar Kapolres Jepara AKBP Samsu Arifin.[]

Tinggalkan pesan

Your email address will not be published.