Hari Ini Pendaftaran PPL Pilkada Jepara 2017 Dibuka

Senin (1/8), pengumuman pendaftaran Pengawas Pemilu Lapangan (PPL) untuk Pilkada Jepara 2017 resmi dibuka. Berdasar regulasi terbaru, jumlah PPL hanya satu orang di tiap desa atau kelurahan. Proses seleksi PPL akan digelar secara transparan dan profesional oleh Panwas Kecamatan. Hal itu dikatakan Ketua Panwaslu Kabupaten Jepara, Arifin.

Meski jumlah PPL hanya satu orang tiap desa atau kelurahan, lanjut Arifin, kinerja PPL saat Pilkada Jepara 2017 akan tetap bisa maksimal karena dibantu dengan kehadiran pengawas di tiap-tiap TPS.

Baca juga:  Syamsul Maya Fokus Kumpulkan Dukungan

“Waktu pengumuman dibukanya pendaftaran seleksi PPL ini mulai Senin-Jumat (1-5/8). Sedang waktu penerimaan berkas pendaftaran mulai Sabtu-Jumat (6-12/8),” ungkapnya.

Setelah itu akan dilakukan proses penelitian berkas hingga seleksi oleh Panwascam di masing-masing kecamatan yang ada di Jepara, sementara pelantikan PPL dijadwalkan digelar akhir Agustus ini.

Koordinator Divisi SDM dan Organisasi Panwaslu Jepara, Tasykuri mengatakan, formulir berkas administrasi calon anggota PPL dan keterangan lebih lanjut, bisa diperoleh di Kantor Sekretariat Panwascam se-Jepara.

”Syarat mendaftar PPL itu beragam. Jadi, silakan datang saja ke kantor Panwascam di masing-masing kecamatan,” jelasnya.

Baca juga:  Dua Bakal Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Mendaftar di Hari yang Sama

Koordinator Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga Panwaslu Jepara Muhammad Oliz menambahkan, meski berada di tingkat desa atau kelurahan, namun peran PPL sangat vital.

Agenda terdekat adalah pemutakhiran data pemilih, atau verifikasi faktual syarat dukungan bakal paslon jalur perseorangan yang digelar di tingkat desa atau kelurahan.

”PPL akan melakukan pengawasan intensif, agar proses verifikasi faktual yang dilakukan PPS berjalan sesuai ketentuan,” katanya.[]

Artikel Terkait Lainnya

Tinggalkan pesan

Your email address will not be published.