Pelajar dan Mahasiswa Jepara Dihimbau Sisihkan Uang Saku untuk Kaum Dhuafa

Langkah untuk menggugah kesadaran pelajar dan mahasiswa di Jepara agar memiliki kepekaan membantu sesama, Baznas Kabupaten Jepara akan menggelar progam Pekan Peduli Sosial (PPS). PPS bertujuan agar Pelajar dan mahasiswa di Jepara secara bersama-sama menyisihkan uang saku untuk kaum dhuafa dan pelaku ekonomi kecil.

Ketua Baznas Kabupaten Jepara H Ali Irfan Muhtar, mengatakan, Bupati Jepara Ahmad Marzuqi akan melaunching kegiatan ini, Senin (22/8) di SMA N 1 Jepara. Kegiatan ini akan dilaksanakan serentak Senin sampai Sabtu (22 – 27 Agustus), uang saku yang disisihkan ditarget mencapai Rp 1,3 miliar.

Ali memaparkan, PPS adalah upaya Baznas Kabupaten Jepara menggugah kesadaran pelajar dan mahasiswa di Jepara agar memiliki kepekaan membantu sesama. Dalam rentang waktu itu, mereka diminta menyisihkan uang saku yang jumlahnya terhitung tak seberapa.

“Setiap hari mereka hanya diminta menyisihkan Rp 500,- untuk pelajar PAUD hingga SD, Rp. 1000,- untuk
pelajar SLTP dan SLTA, dan Rp 2000,- bagi mahasiswa. Kalau satu kabupaten hasilnya banyak, bisa Rp
1,3 miliar,” kata mantan wakil bupati Jepara ini.

Berapapun hasil yang diperoleh di setiap sekolah, separuhnya akan langsung disumbangkan kepada pelajar tak mampu di sekolahan tersebut, dan seperempatnya digunakan Baznas Kabupaten Jepara untuk membantu panti-panti asuhan yang ada di Jepara.

Hasil penghimpunan lainnya, dialokasikan untuk mengembangkan usaha pelaku ekonomi kecil, unit Pengumpul Zakat (UPZ). Unit Pelaksana Baznas di tingkat kecamatan ini memiliki data pelaku ekonomi kecil yang membutuhkan bantuan. []

Tinggalkan pesan

Your email address will not be published.