Pemkab Jepara Optimis Pertahankan WTN, Apa Itu WTN?

Bupati Jepara Ahmad Marzuqi optimis Pemerintah Kabupaten Jepara akan kembali mendapatkan piala Wahana Tata Nugraha (WTN). WTN adalah penghargaan yang diberikan Presiden Republik Indonesia kepada Pemerintah Provinsi, Kabupaten dan Kota sebagai perwujudan pembinaan pemerintah menata transportasi perkotaan. WTN diberikan bertujuan mendorong dan memotivasi pemerintah daerah dalam penyelenggaraan terwujudnya budaya tertib lalu lintas dan angkutan.

Hal itu dikatakan Marzuqi saat sambutan penerimaan hasil penilaian tim penilai WTN tahap II dan III Nasional dalam Lomba Tertib Lalu Lintas Tahun 2016 di Pendapa Kabupaten Jepara,(29/07). Hadir dalam acara itu, Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kabupaten Jepara Basuki Wijayanto, Polres Jepara, dan Pimpinan SKPD terkait.

Marzuqi Mengatakan, sikap optimis Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jepara untuk kembali mendapatkan piala Wahana Tata Nugraha (WTN) bukan tanpa dasar, terbukti Kabupaten Jepara berhasil meraih piala WTN sejak tahun 2007 sampai 2015 lalu.

Baca juga:  Harhubnas, Bupati Jepara Paparkan Capaian Prestasi Bidang Transportasi dan Perhubungan

“Keikutsertaan Kabupaten Jepara dalam penilaian lomba WTN adalah untuk yang kesepuluh kalinya di tahun 2016 ini. Prestasi Jepara dalam WTN terbukti dengan perolehan penghargaan diantaranya, dua kali mendapat plakat pada tahun 2007 dan tahun 2008, empat kali mendapat piala dengan kategori tertib berlalu lintas‎, yaitu pada tahun 2009, 2010, 2011 dan 2012, serta pada tahun 2013, 2014 dan 2015 lalu mendapat tiga kali piala WTN penuh kategori lalu lintas dan angkutan,” ungkapnya.

Dijelaskan Bupati Jepara Ahmad Marzuqi, lomba tertib lalu lintas dan angkutan kota sangat penting, tidak saja bagi pemerintah daerah dalam membangun political will di bidang lalu lintas dan keselamatan transportasi, tapi juga bagi masyarakat pengguna jasa angkutan dan pemakai jalan.

Baca juga:  Harhubnas, Bupati Jepara Paparkan Capaian Prestasi Bidang Transportasi dan Perhubungan

“Sebagai wujud komitmen Pemkab Jepara untuk merespon tindak lanjut tim WTN tahun 2015 lalu, sudah banyak kegiatan yang dilakukan dalam rangka mewujudkan lalu lintas dan angkutan jalan yang nyaman, cepat dan selamat,” tambahnya.

Kebijakan itu antara lain, melengkapi papan trayek angkutan umum, melengkapi marka tepi dan tengah seluruh jalan di wilayah perkotaan, pembangunan smoking area dan ruang laktasi di terminal Jepara di tahun anggaran 2016.[]

Artikel Terkait Lainnya

Tinggalkan pesan

Your email address will not be published.