Penarikan Retribusi Wisata Karimunjawa Sudah Sesuai Perda

Penarikan restribusi yang dilakukan Dinas Pariwisata di dermaga Pantai Kartini Jepara sempat terganggu beberapa waktu lalu. Pasalnya penarikan retribusi tersebut dikeluhkan masyarakat Karimunjawa khususnya pelaku wisata di wilayah terluar dari Kabupaten Jepara itu.

Diantaranya, salah satu pengelola biro perjalanan Wisata Karimunjawa, Ainur Rofik mengatakan, penarikan retribusi wisatawan Karimunjawa di Dermaga Kartini Jepara sangat tidak efektif dan tidak etis. Mengingat wisatawan belum sampai masuk ke wilayah Karimunjawa tapi sudah dilakukan penarikan retribusi.

“Lha belum masuk ke Karimunjawa kok sudah dilakukan penarikan retribusi. Itu sangat tidak tepat. Sebab wisatawan Karimunjawa tidak hanya melalui Dermaga Kartini, tetapi juga ada dari Semarang dan Kendal. Ini justru bisa merugikan Jepara karena wisatawan akan memilih yang tidak ada penarikan retribusinya,” ujarnya.

Namun Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Jepara, Mulyaji, mengatakan pihaknya akan tetap bersikukuh menarik restribusi masuk wilayah Karimunjawa. Karena penarikan restribusi tersebut sudah tertuang dalam Perda Nomor 6 tahun 2016.

“Jika kami tidak melaksanakan, justru kami yang salah, karena itu sudah tertuang dalam Perda Nomor 6 tahun 2016,” ungkapnya.

Mulyaji memaparkan pihaknya siap jika para pelaku usaha meminta klarifikasi secara formal.[]

Tinggalkan pesan

Your email address will not be published.