Rayakan HUT RI Kedungcino Gelar Bazar

Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-71 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) di Desa Kedungcino berbeda dengan tempat lain pada umumnya. Jika pada umumnya perayaan HUT RI diadakan dengan acara hiburan, tahun ini Pemdes dan Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) / (TP-PKK) beserta Karang Taruna Pandan Sari Desa Kedungcino, menggelar bazar dan pameran hasil-hasil produksi kerajinan baik barang olahan limbah yang memunyai nilai jual maupun makanan khas Jepara.

Petinggi Desa Kedungcino, Hasyim, mengatakan, kegiatan ini pertama kalinya dimasukkan dalam rangkaian agenda perayaan HUT Kemerdekaan RI, dengan memamerkan hasil-hasil Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) dari masing-masing PKK RT se-Desa Kedungcino.

“Di sini dipamerkan mulai produk kerajinan tangan, seperti hiasan dinding, lampion, souvenir, dan produk olahan limbah lain yang mempunyai nilai jual. Ada juga bazar produk holtikultura organik seperti sayur-mayur, cabe, kangkung dan lain-lain, serta olahan masakan khas Jepara yang memiliki nilai gizi serta citarasa yang khas dan tanpa bahan pengawet tentunya,” kata Hasyim saat menyampaikan laporan dalam pembukaan bazar.

Baca juga:  Rayakan HUT RI ke 71 Dengan Sepak Bola Sarung

Sementara itu, Wakil Bupati Jepara, Subroto yang berkesempatan membuka secara resmi Bazar tersebut merasa bangga dengan berbagai materi yang dipamerkan dalam bazar tersebut. Karena pada umumnya merupakan hasil produk usaha kecil mikro dan menengah (UMKM) dari desa setempat.

“Alhamdulilah seluruh bazar tampil dengan baik. Lebih-lebih melihat materi yang ditampilkan merupakan produk UMKM. Kami (Pemerintah Daerah Kabupaten Jepara) berharap, produk-produk UMKM seperti ini terus ditampilkan pada kegiatan serupa. Baik di tingkat desa, kecamatan, kabupaten, maupun provinsi,” jelas Wakil Bupati Jepara Subroto usai peninjauan.

Baca juga:  Warga Desa Bantrung Pendem Rayakan HUT RI ke 71 Tahun

Subroto juga memberikan apresiasi kepada warga masyarakat Desa Kedungcino yang memiliki keinginan kuat menjadikan desanya menjadi sentra produksi berbasis potensi lokal seperti limbah, kuliner dan hasil kerajinan lainnya. Hal ini bukti bahwa kreativitas dan inovasi masyarakat Jepara sungguh luar biasa, terlebih dalam mewarnai dan memeriahkan HUT Ke-71 Kemerdekaan RI.

“Saya juga meminta TP PKK Desa kedungcino agar dapat dengan aktif menjalankan semua program-program pokok PKK, terutama yang erat kaitannya dengan perekonomian rumah tangga,” ungkapnya.[]

Artikel Terkait Lainnya

Tinggalkan pesan

Your email address will not be published.