Tahun Ini BPBD Rencanakan Bangun Sumur di Karimunjawa

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jepara Lulus Suprayetno melalui Kasi Rehabilitasi dan Rekonstruksi Jamaludin mengatakan, tahun ini pihaknya berencana akan membuat sumur, lengkap dengan menara tempat penampungan air, di Dukuh Gon Ipah Desa Kemujan, Kecamatan Karimunjawa.

“Pengajuan pembuatan sumur untuk Dukuh Gon Ipah memang sudah ada. Kita sudah persiapkan semua. Tinggal menunggu anggaran dari pusat saja. Untuk satu sumur, menara penampungan air dan pipa utama, anggarannya bisa mencapai Rp 125 juta.Bisa lebih banyak atau bisa kurang, tergantung lokasi,” papar Jamal.

Jamal mengaku sudah memiliki lokasi strategis untuk sumur. Lokasi itu diyakini memiliki sumber air yang terus muncul sepanjang tahun. Penentuan lokasi itu hasil dari diskusi dengan masyarakat setempat.

Dari rancangan awal, menara penampungan air dibuat berjarak 100 meter dari sumur yang dibuat dengan lebar 1,5 hingga dua meter. Tapi rancangan itu bisa berubah bergantung situasi dan keinginan warga. ”Kedalaman sumur juga nanti akan menyesuaikan,” imbuhnya.

Sebelumnya, Carik Desa Kemujan, Rasyid mengatakan,ratusan kepala keluarga (KK) di Desa Kemujan, Kecamatan Karimunjawa, mulai kesulitan air bersih saat musim kemarau ini. wilayah yang sudah kesulitan air berada di Dusun Gon Ipah. Sebanyak 150 KK di wilayah setempat harus mengantre untuk mendapatkan air bersih di sumur-sumur yang nyaris kering.

Krisis air bersih dikhawatirkan akan kian parah dan meluas ke dusun-dusun lain di Kemujan bagian timur. ”Sebanyak 150 KK sudah sangat kesulitan air. Ratusan lainnya saat ini sudah mulai terdampak,” ungkapnya.

Artikel Terkait Lainnya

Tinggalkan pesan

Your email address will not be published.