Pemkab Wacanakan Retribusi Ke Karimunjawa Dihapus

Isu wacana Pemerintah Kabupaten Jepara untuk menggratiskan saat masuk ke semua objek wisata yang dikelola oleh Pemkab demi mendongkrak kunjungan wisatawan dari berbagai daerah nampaknya tidak hanya di Pantai Kartini, Pantai Bandengan dan Benteng Portugis.

Namun wacana tersebut juga untuk retribusi ke obyek wisata Karimunjawa. Belum ada setahun ini Pemkab Jepara telah mengesahkan penarikan restribusi ke Karimunjawa senilai Rp 5 ribu untuk wisatawan lokal dan Rp 25 ribu untuk wisatawan asing. Penarikan itu rencananya akan ditiadakan pada tahun 2019 nanti.

Baca juga:  Pengusaha dan pengrajin kayu Jepara Deklarasikan Dukung Jokowi-JK

“Pada 2019, masuk lokasi wisata yang kami gratiskan tidak hanya pantai-pantai di jepara, tetapi Pemkab Jepara akan menggratiskan masuk ke Karimunjawa,” ungkap Wakil Bupati Jepara Dian Kristiandi belum lama ini.

Andi mengaku tidak khawatir jika dengan kebijakan bersama Ahmad Marzuqi ini mengakibatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) menurun. Dirinya justru menyakini dengan pembebasan kebijakan itu, masyarakat bisa berwisata dengan bebas. Dampak nantinya banyak pedagang muncul di area wisata tersebut.

“Roda ekonomi di lokasi wisata akan muncul, mulai pedagang kaki lima, munculnya stan baru UMKM dan lain sebagainya,” terang Andi.[]

Baca juga:  Polres kembali Bekuk Komplotan Pengedar Narkoba di Jepara

 

Tinggalkan pesan

Your email address will not be published.

1 Komentar

  1. Qureen says

    ihh.. hanya wacana??
    realisasi nya kapan???
    20 th lagi apa 30tahun lagi.. sr

    sesudah pantainya kotor dan rusak ya!!!!