Tenun Troso Terpanjang Dikukuhkan Dalam Rekor Dunia

Museum Rekor Dunia Indonesia mencatat atas keberhasilan warga Desa Troso Kecamatan Pecangaan Jepara dalam memecahkan rekor MURI kain troso terpanjang. Kain yang memuat 20 motif tersebut memiliki panjang 217,4 meter, dan tidak ada sambungan satupun, resmi tercatat di MURI Indonesia, di Jl. Raya Mbaleg Cemoro Kembar Rt 07 Rw 05, Desa Troso, Kecamatan Pecangaan, Sabtu, (15/7/2017).

Ketua umum MURI Indonsia, Jaya suprana yang diwakili Eksekutif manager, Sri wijayanti mengatan, kedatangannya untuk mencatat sebuah karya yang sepektakuler, yaitu pembuatan kain tenun ikat dengan motif Nusantara terpanjang, kegiatan itu resmi dicatat di MURI sekaligus menumbangkan rekor sebelumnya, yaitu kain tenun songket terpanjang, 161 meter yang dibuat oleh pemerintah Kota Pontianak bulan Oktober 2014.

Baca juga:  Kantor Arsip Jepara Mulai Lakukan Digitalisasi

“panitia awalnya mengusulkan ke MURI 200 meter, namu dari hasil kami ukur tadi, panjangnya 217,4 meter yang terdiri dari 20 motif nusantara, kegiatan ini tidak hanya dikukuhkan dalam rekor nasional, namun dikukuhkan dalam rekor dunia” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua panitia, Abdul jamal, mengatakan, dalam pembuat kain sepajan 217,4 meter ini memerlukan waktu tiga bulan, dengan tenaga tujuh orang yang dalam pengerjaanya secara bergantian, terkadang dalam pengerjaannya membutuhkan waktu dimalam hari/lembur.

“mengingat dalam satu hari hanya menghasilkan satu hingga satu setengah meter, jadi mebutuhkan waktu ekstra untuk menyelesaikannya” katanya.

Artikel Terkait Lainnya

Tinggalkan pesan

Your email address will not be published.