Tim Saber Pungli Ungkap Kasus

Uang senilai Rp. 62,5 juta berhasil diamankan Tim Saber Pungli Polres Jepara pada Senin 3 juli 2017. Uang tersebut di dapatkan dari salah satu SMP Negeri di Jepara. Pungutan itu digunakan untuk ”membeli” bangku sekolah dalam proses penerimaan peserta didik baru (PPDB). Uang tersebut dijadikan jaminan agar calon siswa benar-benar bisa masuk di SMP yang dimaksud.

Kapolres Jepara AKBP Yudianto Adhi Nugroho menyebut barang bukti uang puluhan juta itu merupakan uang hasil setoran dari 25 calon wali murid.

“Tiap calon wali murid ini diminta menyetor Rp.2,5 juta dengan dalih untuk membeli alat bantu pendidikan. Akan tetapi, pungutan ini tidak ada dasar hukumnya,” ungkapnya.

Untuk mendalami kasus ini, lanjut Kapolres, pihaknya sudah memeriksa setidaknya 12 orang. Sebagian besar yang diperiksa merupakan oknum guru yang masuk dalam panitia penerimaan siswa baru.

“Kita masih melakukan pendalaman. Baik memeriksa oknum guru yang juga sekaligus panitia PPDB SMP tersebut, pihak sekolah dan dinas terkait,” tegasnya.

Kapolres menghimbau kepada wali murid yang mengetahui adanya pungli semacam ini untuk melapor kepadanya, agar nanti bisa ditindak.

Artikel Terkait Lainnya