Upaya Dongkrak Populasi Ternak Sapi, Dirjen PKH Kementan RI Turun Ke Jepara

Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian & Peternakan tinjau peternakan sapi di Banyumanis Donorojo Jepara

Inseminasi Buatan (IB) pada ternak sapi, merupakan salah satu upaya penerapan teknologi tepat guna yang merupakan pilihan utama untuk peningkatan populasi dan mutu genetik sapi.


“Melalui kegiatan IB, penyebaran bibit unggul ternak sapi dapat dilakukan dengan murah, mudah, dan cepat. Diharapkan dapat meningkatkan pendapatan para peternak, sehingga peternak menjadi sejahtera,” Ungkap Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (Dirjen PKH) Kementerian Pertanian (Kementan) RI, I Ketut Diarmita, saat melakukan Inseminasi Buatan (IB) ternak sapi di Desa Banyumanis Kecamatan Donorojo, Jepara belum lama ini .

Baca juga:  DPRD Jepara Berikan 29 Rekomendasi

I Ketut Diarmita berharap, kedepannya dalam usaha peternakan sapi di Indonesia dan di Jepara pada khususnya akan berorientasi profit selain untuk kesejahteraan, tetapi juga mendukung cita-cita Indonesia sebagai lumbung pangan dunia.

“Selama ini kita ingin merubah paradigma petani kita yang tadinya mereka beternak sambilan, sekarang kita ingin menggiring petani itu untuk bagaimana beternak itu supaya profit oriented jadi bagaimana mereka bisa dapat untung,” ujarnya.

Selain kesejahteraan peternak, Dirjen PKH juga mensosialisasikan terkait pelarangan memotong sapi betina yang produktif, hal tersebut sebagai bentuk upaya melindungi sapi betina yang masih produktif, untuk mewujudkan program swasembada daging sapi. Peningkatan populasi tersebut dimaksudkan untuk mengurangi ketergantungan dari impor dan sekaligus mendukung Indonesia menjadi lumbung pangan dunia.[]

Artikel Terkait Lainnya

Tinggalkan pesan

Your email address will not be published.