Jumlah Desa yang Mengalami Krisis Air Bersih Bertambah

JEPARA – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jepara sejak dua hari kemarin (Senin 25/9) telah mendistribusikan pasokan air bersih ke beberapa desa di Kabupaten Jepara yang masih mengalami krisis air bersih dan kekeringan, meski beberapa hari lalu di Jepara sudah turun hujan.

Kasi Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD Jepara, Jamaludin mengatakan, dalam dua hari terahir pihaknya telah mendistribusikan air bersih ke dua desa, yakni Desa Sumberrejo Kecamatan Donorojo dan Desa Bategede Kecamatan Nalumsari.

“Meski beberapa lalu di Jepara sudah turun hujan, namun justru yang mengalami krisis air bersih bertambah,” ungkapnya.

Baca juga:  Polsek Pakis Aji Salurkan Bantuan Air Bersih Kepada Warga Desa Tanjung

Di Sumberejo lanjutnya, ada empat RT yang terdampak kekeringan sehingga membutuhkan bantuan air bersih. Dropping air ke Sumberrejo sudah dilakukan Selasa (26/9) kemarin. Sementara untuk Bategede juga sudah mulai dipasok air bersih Senin (25/9) kemarin.

Sementara itu, selain dua desa tersebut, pihaknya mengatakan, masih ada enam desa yang masih membutuhkan pasokan air bersih.

Adapun keenam desa yang membutuhkan bantuan pasokan air bersih yakni Kedung Malang Karangaji, Kalianyar Kecamatan Kedung, Raguklampitan Kecamatan Batealit, selanjutnya ada Desa Blimbingrejo dan Tunggul Pandean Kecamatan Nalumsari.

Baca juga:  Kemarau Kering, Polres Jepara Droping Air Bersih di Kalianyar dan Kedungmalang

“Rata-rata kebutuhan pasokan air bersih di desa-desa itu mencapai dua hingga tiga tangki per pekan,” pungkasnya.[]

Artikel Terkait Lainnya