Komisi VII DPR RI dan Kementerian LHK Tindak Lanjuti Pencemaran Sungai Kaligede Karangrandu

PECANGAAN – Komisi VII DPR RI turun langsung ke Kabupaten Jepara untuk menidaklanjuti persoalan dugaan pencemaran sungai akibat limbah industri maupun usaha rumahan di Sungai Kaligede, Kecamatan Pecangaan (15/9). Terkait hal itu, Komisi VII menggandeng Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) yang merupakan mitra kerjanya.

Anggota Komisi VII DPR RI Harry Poernomo mengatakan, Dirinya mendukung adanya investasi yang ada di Jepara, namun jangan sampai investasi yang ada justru mencemari lingkungan.

Nazarudin Kiemas, pimpinan rombongan meminta agar KLHK membuat tim yang terdiri dari lintas sektor untuk mengkaji persoalan dugaan pencemaran yang dikeluhkan oleh warga masyarakat desa Karangrandu ini.

Baca juga:  JAMASPARA Datangi Kantor Bupati Jepara Bicarakan Pencemaran Lingkungan

“Setelah ini kami minta dibentuk tim yang terdiri dari perwakilan Pemdes, Pemkab, KLHK hingga PT Jiale untuk mengkaji dan menyelesaikan masalah ini,” ujarnya.

Sementara itu, Dirjen Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan KLHK, Karliansyah mengungkapkan, pihaknya akan segera membentuk tim untuk memetakan berbagai masalah limbah di Jepara dan pada hari ini Senin (18/9) akan mulai bekerja untuk menangani permasalahan limbah yang ada di Jepara.

Perlu diketahui sebelumnya, untuk menangani kasus ini, Pemkab Jepara sudah melakukan upaya untuk menelusuri penyebab menghitamnya sungai Kaligede Desa Karangrandu ini. Dari Uji laboratorium juga sudah dilakukan namun hasilnya masih kategori ringan.[]

Artikel Terkait Lainnya

Tinggalkan pesan

Your email address will not be published.