Lagi-lagi Terumbu Karang di Karimunjawa Rusak

KARIMUNJAWA – Untuk mencegah kejadian rusaknya terumbu karang di Karimunjawa, Balai Taman Nasional Karimunjawa akan meningkatkan koordinasi antar pihak terkait seperti Syahbandar, pihak navigasi, Pol Airud dan pemerintah desa setempat.

Hal itu menyusul terjadi rusaknya terumbu karang di Karimunjawa pada akhir agustus lalu. Terumbu karang di Kepulauan Karimunjawa rusak lagi lantaran ditabrak kapal tongkang.

Agus Prabowo, Kepala Balai Taman Nasional Karimunjawa mengatakan, kerusakan karang di kepulauan Karimunjawa karena ditabrak kapal tongkang bukan kali pertama terjadi, menurut catatan Balai Taman Nasional Karimunjawa, tahun ini tercatat tiga kali kapal tongkang yang bersandar di perairan tersebut merusak ekosistem laut pulau tropis itu.

Baca juga:  Disparbud Temukan Situs Kuno Di Karimunjawa

“Yang baru ini ada kapal tongkang mengangkut crane mau di bawa ke Pare-pare. Namun berlindung di Karimunjawa karena cuaca buruk yang mengakibatkan karang rusak,” ungkapnya.

Setelah mendapatkan informasi dari masyarakat, lanjut Agus, dirinya langsung mengecek ke lapangan dan kemudian melaporkannya ke Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

“Mereka yang merusak harus tetap bertanggungjawab karena wilayah tersebut termasuk dalam Balai Taman Nasional Karimunjawa,” tegasnya.[]

Artikel Terkait Lainnya

Tinggalkan pesan

Your email address will not be published.